Pada saat ini, banyak perusahaan melihat fungsi HR hanyalah sebagai
fungsi administrasi personalia. Bagaimana peranan HR yang hanyalah
berkenaan dengan sistem administrasi dapat diubah menjadi suatu fungsi
yang memiliki nilai poin strategis yang maksimal?
Langkah pertama, memposisikan fungsi HR yang tepat
Fungsi
Divisi Sumber Daya Manusia harus dapat dipastikan menjadi suatu posisi
yang penting. Tuntutan terhadap fungsi HR itu sendiri sudah bukan
memiliki peranan cost centre namun dialihkan untuk menjadi divisi yang
dapat mengembalikan investasi perusahaan. Penggunaan tool management
seperti HR Scorecard dapat sangat membantu perusahaan untuk dapat
memiliki nilai maksimal dalam peralihan Divisi HR.
Langkah Kedua, memiliki HR Manager yang strategis
Alangkah
baiknya perusahaan menuntut peranan strategis dari HR Manager. Dimana
sebelumnya HR Manager berperan pasif dalam perusahaan, kemudian
dilakukan proses pengarahan untuk membentuk peranan HR yang aktif dan
proaktif. Konsep spesialis dari fungsi Manager HR dapat diubah menjadi
fungsi generalist.
Langkah Ketiga, memiliki sistem kerja yang tepat
Dimana
kerja sistem yang sebelumnya sangat memiliki orientasi kerja jangka
pendek diubah menjadi suatu bentuk sistem kerja jangka panjang.
Bagaimana peranan strategis itu terbentuk. Manajemen harus bekerjasama
dengan tim HR untuk merumuskan strategi perusahaan jangka panjang untuk
kemudian disusunkan program perencanaan HR. Sedikit berbeda dengan
sistem kerja organisasi sebelumnya, sistem kerja yang terbentuk dalam HR
lebih sistematis dan meninggalkan peranan responsif dan reaktif yang
lebih mengarah kepada sistem operasional jangka pendek.
Sudah
benarkah sistem manajemen SDM dalam perusahaan Anda. Lakukan proses
pencarian referensi eksternal yang tepat dan efektif untuk dapat
mengembangkan strategi manajemen SDM dalam perusahaan Anda.
(amarylliap@gmail.com, 08129369926)
Penyedia jasa konsultasi sumber daya manusia (SDM), penyedia jasa psikotest, penyedia jasa pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia seperti sistem payroll, perumusan kelas jabatan, pembuatan peraturan perusahaan, sistem dan pengembangan pusat pelatihan, pusat pengembangan kompetensi dan kepemimpinanan. Kami memberikan pendekatan konsultasi secara tepat dan optimal terhadap pengembangan Perusahaan Anda. Lia Consulting---amarylliap@gmail.com, Hp: 08129369926
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar