Sabtu, 05 Maret 2016

Peran Psikometri dalam Menyusun HR Dashboard

Dalam pengelolaan manajemen SDM, banyak perusahaan yang melupakan bahwa perusahaan tersebut memiliki banyak data-data yang terkait dengan manajemen SDM. Data seperti KPI (Key Performance Indicator), data pelatihan maupun data rekruitmen adalah data penting yang seharusnya dapat dipergunakan untuk menjalankan analisis data bagi kepentingan perusahaan sendiri.

Penyusunan HR Dashboard adalah melakukan proses penetapan status kuantifikasi atas seluruh informasi kualitatif yang muncul dalam perusahaan.  Terdapat beberapa software yang dapat dipergunakan untuk melakukan proses penyusunan HR Dashboard.  Sebenarnya perusahaan dapat melakukan proses penyusunan HR Dashboard dengan template sederhana tanpa menggunakan program khusus.

Namun template apa pun yang dipergunakan, ada baiknya dilakukan proses pemeriksaan terlebih dahulu atas validitas HR Dashboard yang disusun oleh perusahaan.  Dalam proses pengukuran validitas tersebut perusahaan harus dapat memastikan bahwa program penyusunan HR Dashboard tersebut telah terukur reliabilitas dan validitas secara tepat.  Bagaimana peran psikometri dalam menjalankan tersebut.

(1) Tahap 1: Mengukur Reliabilitas Pengukuran
KPI ataupun proses pengukuran lainnya harus dipetakan untuk memastikan jenis pengukuran apa yang dijalankan dalam program tersebut.  Adapun status dari pengukuran tersebut dapat dipastikan signifikan dengan hasil/ output pengukuran.

(2) Tahap 2: Melakukan Evaluasi terkait dengan Validasi dari Pengukuran
Melakukan proses evaluasi yang terkait dengan hasil pengukuran dan aktual performa kinerja.  Bagaimana program evaluasi tersebut dijalankan untuk memastikan bahwa data tersebut dapat dipergunakan.

Proses pembuatan terkait dengan HR Dashboard tersebut harus dipastikan disusun secara analitik.  Lakukan proses pencarian yang terkait dengan referensi yang terkait dengan pengembangan manajemen SDM. (amarylliap@gmail.com, 08129369926)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar