Jumat, 17 Februari 2012

Bagaimana Melakukan Proses Penyusunan SOP dalam Konsep Sistem HR (Human Resources)


Standard Operating Procedure adalah suatu bentuk dari dasar yang dapat dijadikan acuan untuk penetapan Sistem Manajemen dalam perusahaan. Beberapa bentuk atau format yang dapat ditetapkan dalam proses penyusunan SOP ke dalam perumusanHR adalah :
(1) Bentuk naratif
Bentuk Standard Operating Procedure yang dibentuk dengan memberikan detail secara deskriptif terhadap setiap tahapan aktivitas yang ada dalam perusahaan. Bagaimana cara menetapkan aspek pengendalian operasional adalah dengan memberikan penjelasan terhadap setiap tahapan yang ada dalam sistem operasional yang ditetapkan itulah yang kemudian dapat digunakan dalam proses analisis jabatan yang diformulasikan ke dalam sistem pengembangan sumber daya manusa.
(2) Bentuk alir proses
Dalam proses pengembangan alir proses, suatu bentuk tahapan proses dipetakan dalam bentuk peta yang berhubungan antara satu proses ke proses lainnya. Proses pemetaan ini mempermudah kaitan dan hubungan terhadap suatu jabatan ataupun pekerjaan tertentu ke jabatan ataupun pekerjaan lainnya.
Dibandingkan dengan proses penyusunan naratif, bentuk peta alir proses lebih mempermudah dalam proses penetapan hubungan antara proses satu dengan proses lainnya.
Lalu apa hubungannya antara konsep sistem manajemen dumber daya manusia dengan Standard Operating Procedure
(1) Standard Operating Procedure dapat mengembangkan ukuran indikator dari performa karyawan yang bersangkutan. Dimana aspek indikator ini dapat menjadi proses implementasi terhadap Sistem Manajemen Unjuk Kerja.
(2) Standard Operating Procedure memberikan penjelasan terhadap batasan ruang lingkup proses operasional yang ditetapkan dalam job description. Sehingga proses pendetailan terhadap job description itu sendiri menjadi sangat detail dan tepat sesuai dengan aspek persyaratan operasional yang ada di lapangan.
(3) Standard Operating Procedure dapat menjadi panduan dalam proses penyusunan konsep pelatihan maupun perumusan terhadap pengembangan aspek kompetensi terhadap sumber daya manusia.
(4) Standard Operating Procedure dan Uraian Jabatan menjadi proses analisis terhadap klasifikasi terkait dengan kelas jabatan. Setelah ditetapkan kelas jabatan ditetapkan maka kemudian dilakukan proses penetapan standar dan sistem formulasi terhadap penggajian yang ada dalam perusahaan.
Dalam pengembangan sistem sumber daya manusia, proses perumusan terhadap SOP (Standard Operating Procedure) adalah hal penting untuk dipastikan dimiliki oleh perusahaan. Konsep pengembangan sumber daya manusia sangat tergantung terhada bagaimana penetapan dan pengelolaan sistem operasional dijalankan dalam perusahaan. (amarylliap@gmail.com, 087784378754)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar