Jumat, 17 Februari 2012

Audit SDM----Langkah Tepat Proses Evaluasi Kinerja


Banyak perusahaan yang ketika telah memiliki sistem lupa untuk melakukan proses implementasi sistem audit dalam perusahaannya. Begitu pula dalam proses implementasi sistem manajemen Sumber Daya Manusia, sangat penting bagi suatu perusahaan untuk melakukan proses evaluasi dan pengembangan terhadap sistem melalui audit SDM.
Apa saja yang dilakukan dalam proses pengembangan terhadap audit sumber daya manusia. Proses audit yang dijalankan meliputi pada beberapa aspek parameter yaitu:
(1) Sistem/ Standard Operating Procedure HR (Human Resources)
Penerapan SOP yang terkait dengan sistem operasional yang dijalankan dalam sistem pengembangan sumber daya manusia yang dijalankan oleh perusahaan. Beberapa SOP HR yang diaudit sebagai materi evaluasi adalah SOP pelatihan, SOP rekruitmen, SOP Kompensasi (penggajian) maupua sistem pengembangan terhadap sistem operasional yang dijalankan oleh perusahaan sebagai bentuk implementasi sistem sumber daya manusia. Dimana dalam konsep pengembangan tersebut, sistem SOP memastikan adanya pengembangan sistem yang tepat dan efektif ada di lapangan. Audit berguna untuk melakukan proses verifikasi terhadap sistem yang dijalankan tersebut.
(2) Kesesuaian kebijakan perusahaan
Dalam proses penerapan terkait dalam peraturan perusahaan ataupun kebijakan lain yang dimunculkan dalam aspek peraturan perusahaan. Dimana dalam konsep pengembangan kebijakan tersebut harus dipastikan terimplementasi secara tepat dan sesuai ke dalam konteks yang ditetapkan oleh perusahaan.
(3) Pemastian aspek pemahaman karyawan
Salah satu fungsi audit adalah untuk melakukan proses evaluasi dan analisis terhadap aspek pemahaman karyawan dalam informasi peraturan perusahaan yang ditetapkan.
Melihat dari parameter kegiatan audit yang dijalankan dalam perusahaan tersebut, maka sangat tepat apabila proses audit itu sendiri dijalankan sebagai bagian untuk melakukan proses evaluasi terhadap program pengembangan sumber daya manusia. Lakukan proses perencanaan audit dan kembangkan auditor SDM dalam perusahaan. Pastikan tindak lanjut dijalankan untuk dapat mengembangkan dan mengoptimalkan penerapan sistem SDM dalam perusahaan. (amarylliap@yahoo.com, 08129369926)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar