Selasa, 08 Mei 2012

Budaya Menunjang Performa Kerja

Perlukah suatu perusahaan untuk memiliki budaya kerja? Meskipun dalam perusahaan itu sendiri tidak dilakukan proses pembentukan budaya, namun mau tidak mau suatu proses pembentukan budaya dalam perusahaan sudah terbentuk. Pembentukan budaya dapat muncul sebagai akibat dari
(1) gaya kepemimpinan yang dominan

(2) Cara mengelola sumber daya manusia

(3) sistem yang terbentuk.


Namun dibandingkan dengan perusahaan yang secara konsisten membuat budaya perusahaan sendiri, pada beberapa perusahaan yang secara tidak sengaja membangun budaya perusahaannya, tentunya forma budaya yang muncul ada dalam format budaya yang tidak teratur, sangat sentralistik dan tergantung dengan kekuatan dari pemimpin yang dominan.
Membangun budaya yang tepat, justru dapat memberikan suatu nilai tambah dalam proses menunjang performa. Satu hal yang penting dalam proses pembentukan budaya adalah kemunculan identitas seragam pada seluruh karyawan. Dimana nilai identitas tersebut memberikan suatu persepsi yang sama bagaimana perusahaan mencapai tujuannya. Budaya diimplementasi ke dalam bentuk tata cara komunikasi, gaya kepemimpinan serta sistem perusahaan itu sendiri. Menjadi hal yang sangat positif apabila pengembangan budaya dapat dikembangkan secara optimal dan tepat kepada seluruh lini yang ada dalam organisai.
Pelatihan mengenai penyusunan budaya perusahaan merupakan suatu bentuk langkah strategis yang perlu untuk dipikirkan sebagai bentuk tata cara untuk bagaimana mengembangkan budaya diimplementasikan. Dalam pelatihan ini, peserta pelatihan akan mendapatkan:
(1) Arti dari nilai-nilai perusahaan
(2) Implementasi nilai perusahaan ke dalam unit kompetensi sumber daya manusia
(3) Penyusunan program pengembangan kompetensi
(4) Pembuatan sistem pendukung pengembangan sistem dalam implementasi budaya
Menjadi hal yang sangat penting bagi perusahaan pada saat ini tidak hanya melakukan proses optimalisasi profit saja, kembangkan budaya perusahaan yang tepat dengan implementasi yang efektif untuk mengoptimalkan performa kerja perusahaan. (amarylliap@gmail.com, 08129369926)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar